Inilah 7 Dampak Positif dari Solo Traveling

Selasa, 19 Februari 2019


Liburan sendirian kerap menyulitkan diri karena wajib memiliki jiwa petualang dan harus bisa survive ketika menghadapi sesuatu sendirian. Namun ternyata, liburan tunggal ini banyak memiliki dampak positif bagi diri Anda, lho! Selain bisa mengatur semua perjalanan sesuai dengan keinginan kita, liburan sendirian dengan cara backpacking juga dapat melatih kemandirian Anda selama perjalanan.

Inilah 7 Dampak Positif dari Solo Traveling

Bagi Anda yang belum tahu dampak positif dari ber-solo traveling, artikel ini telah merangkum tujuh dampak positif yang Anda rasakan ketika memutuskan untuk menjadi pelancong tunggal. Setelah memesan tiket pesawat Malindo Air, pastikan Anda membaca artikel ini sebagai refleksi bagi diri Anda untuk merasakan dampak positif dari ber-solo traveling.

Berani Mengambil Keputusan dan Risiko
Ketika ber-traveling, Anda tidak akan pernah dapat menebak apa yang akan terjadi ketika Anda sedang menjalani plesiran Anda. Oleh karena itu, dengan Anda berplesiran sendirian akan melatih skill Anda sebagai pengambil keputusan secara cepat dan berani mengambil risiko. Selain itu, bila Anda sudah terbiasa dengan kondisi yang akan Anda alami selama berplesiran, dengan mudah Anda dapat memproyeksikan dan membuat rencana perjalanan yang jauh lebih matang dibandingkan dengan sebelumnya.

Menjadi Lebih Minimalis
Biasanya setelah Anda mengalami lebih dari belasan hingga puluhan perjalanan tunggal, Anda akan jauh lebih minimalis. Hal ini akan terlihat dari barang bawaan Anda ketika sedang berpergian. Barang bawaan Anda akan jauh lebih sedikit ketimbang pertama kali Anda melakukan solo traveling. Anda akan membawa barang seperlunya dan yang hanya Anda butuhkan selama melakukan perjalanan.

Tidak Gaptek
Menapaki tanah orang atau bahkan negeri orang pasti Anda membutuhkan beberapa perangkat dan aplikasi untuk membantu perjalanan Anda. Bila Anda pergi ke luar kota, mungkin saja Anda mengunduh peta digital hingga aplikasi pencari kuliner agar perjalanan Anda semakin mudah. Apabila Anda pergi ke luar negeri, Anda tentu akan mengunduh aplikasi penerjemah agar dapat memudahkan pencarian Anda mulai dari papan informasi hingga petunjuk jalan ketika Anda sedang berjalan. Dengan dihadapkan situasi seperti ini, keterbukaan pikiran Anda terhadap teknologi akan semakin luas dan tidak gaptek lagi.

Lebih Skeptis
Hal ini mungkin akan terjadi pada Anda yang tengah menjalani hidup sebagai pelancong tunggal. Berbagai pertanyaan hingga kecurigaan akan mebayangi diri Anda di setiap perjalanan. Oleh karena itu Anda dituntut kritis oleh keadaan yang membuat Anda tidak mudah tertipu dan tersesat saat sedang berpergian.

Akan Jauh Lebih Peka
Berpergian sendirian tentu mengharuskan Anda untuk bisa survive dengan situasi dan kondisi yang ada, dan hal tersebut akan membuat Anda jauh lebih peka terhadap keadaan sekitar. Kepekaan bisa hadir dalam berbagai macam bentuk, mulai dari peka terhadap budaya dan masyarakat sekitar, hingga peka terhadap lingkungan. Apabila Anda pergi ke sebuah negara yang memiliki tingkat higenitas tinggi, faktor kebersihan akan menempel pada Anda ketika Anda pulan ke Indonesia.

Bisa Mengatur Diri Sendiri
Karena terlalu terbiasa mengatur segalanya sendirian ketika sedang menjadi pelancong tunggal, secara otomatis hal tersebut akan melekat pada diri Anda di setiap aktivitas yang Anda lakukan. Anda akan terbiasa mengatur semua hal sendiri tanpa bantuan orang lain. Hal ini bisa menjadi sangat positif karena Anda akan dinilai sebagai pribadi yang independen.

Menjadi Lebih Mandiri
Ini adalah hal terakhir yang akan Anda rasakan ketika menjadi seorang pelancong tunggal. Mengatur semuanya sendiri, bertahan hidup sendiri, mampu memproyeksikan segalanya dan bertumpu pada diri sendiri ini secara tidak sadar telah melekat pada diri Anda. Kemandirian Anda akan terbentuk seiring waktu yang Anda jalani selama ini. Oleh karena itu banyak sekali hal yang Anda rasa bisa Anda lakukan sendirian.

Itulah ketujuh manfaat dari solo traveling yang akan Anda rasakan pada diri Anda. Jadi sampai kapan mau mendunda berpergian sendirian? Berbagai hal positif telah menunggu Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
 
Copyright © 2014. twpasak.com. Powered by Blogger.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper
Creative Commons License